Akibat pandemi Covid-19, proses belajar mengajar tidak dapat berlangsung seperti biasanya. Semua PBM terpaksa harus dilakukan secara daring melalui berbagai macam platform virtual. Guru tetap harus mempersiapkan berbagai kelengkapan adminsitrasi seperti RPP sebagai bukti akuntabel nya seorang guru. Berikut merupakan contoh RPP daring, semoga dapan dijadikan inspirasi untuk guru-guru yang ada di Indonesia.
๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
Materi Pokok :
Sistem Eksresi
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas
/ Semester : XI / 2
Alokasi
Waktu : 4JP
Kompetensi
Dasar : 3.9. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan
gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui pembelajaran berbasis
online ini peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan proses ekskresi pada manusia
2.
Menjelaskan kelainan dan penyakit yang
berhubungan dengan sistem eksresi
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
|
1.
Guru memastikan siswa sudah tergabung dalam
Whatsapp Group
2.
Guru menyapa siswa dengan mengucapkan salam
dan menanya kabar
3.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran
4.
Guru mengabsen siswa
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru mengirimkan bahan ajar
berupa memberikan PPT dan modul serta menampilkan video pembelajaran proses
eksresi manusia dan gangguan sistem eksresi, siswa diminta untuk mengajukan
beberapa pertanyaan
2. Guru menanggapin pertanyaan yang diajukan oleh
siswa, siswa lain boleh menanggapi jawaban dari pertanyaan yang disampaikan
guru
3.
Guru bertanya jawab tentang materi yang
disampaikan
4. Guru memberikan LKPD
dan mengarahkan siswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di LKPD
5.
Guru memberikan tugas untuk membuat Kliping
Penyakit Sistem Eksresi di Indonesia dan Teknologi Penyembuhannya
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Guru memberikan penguatan tentang materi yang
telah disampaikan
2.
Guru membimbing peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran melalui tanya jawab.
3.
Guru dan siswa melakukan refleksi terkait
pembelajaran
4.
Guru menjelaskan rencana pembelajaran
selanjutnya
5.
Guru mengingatkan siswa untuk selalu menjaga
kesehatan sendiri dan keluarga
6.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapkan salam
|
C. Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
Sikap
yang Dinilai
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Disiplin
|
Hadir
pada grup Whatssup tepat waktu
|
||||
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|||||
Sopan
Santun
|
Berbicara yang sopan sesama teman di grup
|
||||
Mengucapkan salam dan berbicara yang sopan ketika
bertanya kepada guru
|
|||||
Tanggung
Jawab
|
Mengumpulkan
tugas
|
||||
Jumlah
Skor
|
2.
Penilaian
Ketrampilan Klipping
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat Baik (86-99)
|
Baik
(79-85)
|
Kurang Baik
(73-78)
|
Tidak Baik
(<73)
|
1
|
Kesesuaian kliping
dengan tema
|
||||
2
|
Kerapian
penulisan/gambar
|
||||
3
|
Jumlah artikel
yang di publish dalam klipping
ยท 6-10 artikel (sangat baik)
ยท 4-5 artikel (baik)
ยท 2-3 artikel (cukup)
ยท 1 artikel (tidak baik)
|
3.
Penilaian
Pengetahuan
Tes
Uraian
Mengetahui, Bener
Meriah, 28 April 2020
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
........................ Suci
Hatru Ramadhani, S. Pd.
NIP.
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar