Minggu, 10 Mei 2020

Rancangan Pembelajaran Transport Membran Kelas XI dengan Pendekatan STEM

      Indoensia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang besar. Dengan kelimpahan sumber daya tersebut harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang memiliki hard skill serta soft skills sehingga mampu bersaing dengan negara maju untuk pengembangan berbagai teknologi saat ini tetntunya dalam pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Indonesia.
Oleh sebab itu, untuk menghasilkan sumber daya manusia sebagai peran pengembangan berbagai teknologi maju, dibutuhkan pola-pola pendidikan tertentu yaitu dengan memasukkan aspek science, technology, enginering, and mathematics.
Menurut Khoriah, dkk,. 2018, pendekatan dengan menggunakan STEM dapat berupaya memunculkan keterampilan dalam diri siswa, misalnya kemampuan menyelesaikan persoalan dan kemampuan melakukan penyelidikan. Keterampilan ini penting untuk membantu meningkatkan sumber daya manusia.
Sumber: Khoiriyah, N., Abdurrahman, dan Wahyudi, Ismu (2018) Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi, JRKPF UAD Vol.5 No.2.
         Berikut ini merupakan Rancangan Pembelajaran Transport Membran dengan Pendekatan STEM dan menggunakan model PJBL (Project Based Lerning) yang telah saya rancang. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar